BEBEZHA - PT Angkasa Pura II melakukan moderenisasi layananya di bandara yang
dikelola. Kali ini, Airport Digital Lounge yang telah diluncurkan akan
menggunakan robot untuk mempermudah perjalanan para penumpang maupun
para pengguna jasa di bandara Angkasa Pura II.
Presiden Direktur Angkasa Pura II, Muhammad Awaluddin mengungkapkan,
Airport Digital Journey Experience sendiri merupakan program utama
korporasi dalam melakukan inovasi yang terpola untuk menjadikan
bandara-bandara Angkasa Pura II berkelas dunia.
Airport Digital Lounge akan menggantikan information counter
yang ada saat ini. Fasilitas tersebut diharapkan akan menjadi pusat
informasi, yaitu sebuah layanan digital untuk lebih mempermudah
perjalanan pengguna jasa, serta aktivitas penunjang lainnya.
"Pengimplementasian Airport Digital Lounge juga akan disesuaikan
dengan karakteristik masing-masing bandara yang dikelola Angkasa Pura
II," ujar Awaluddin dikutip dari keterangan resminya, Selasa 21 Agustus
2018.
Beberapa aktivitas yang dapat dilakukan pada Airport Digital Lounge, yaitu pelayanan informasi, self check-in counter, virtual assistant melalui chat bot, coworking space, digital wayfinding, reservasi perjalanan/akomodasi, dan official airport merchandise store.
Selain sebagai pusat informasi, dengan adanya coworking space pada Airport Digital Lounge juga merupakan solusi bagi penumpang yang ingin melakukan business meeting
atau sekadar mencari ruang untuk bekerja di bandara. Tidak perlu
khawatir, karena setiap Airport Digital lounge akan didampingi oleh
petugas pelayanan yang akan membantu penumpang untuk beraktivitas di
dalamnya.
Uniknya, dalam lounge ini juga dilengkapi dengan robot
pintar yang bernama Dilo. Pada saat ini terdapat 2 unit yang telah
diinstalasi. 1 unit sudah aktif beroperasi pada Airport Digital Lounge
Terminal 2 Bandara Internasional Soekarno-Hatta.
Jika ingin menggerakkan fisik
robot, pengoperasian Dilo secara remote melalu aplikasi Q-link. Robot
pintar ini juga dapat menari dengan diiringi musik, serta dapat bergerak
ke segala arah dan dapat memghindari rintangan kecuali kaca.
Untuk mengatur konten dan pengaturan robot, dapat dilakukan melalui Multi Platform System (MPS) Content Management System. Ke depannya, robot Dilo akan diisi konten kebandarudaraan serta integrasi chat bot (aplikasi TASYA) ke dalam robot.
"Airport
Digital Lounge dan robot Dilo merupakan pusat layanan terintegrasi dari
Angkasa Pura II yang memadukan kemudahan layanan informasi bandara
dengan teknologi digital terkini (state of the art technology)," tegasnya.
Dia
mengungkapkan, ke depannya, seluruh cabang Angkasa Pura II akan
dilengkapi Airport Digital Lounge serta Dilo pada tiap bandaranya.
0 Response to "Beri Informasi ke Calon Penumpang, Angkasa Pura II Mulai Pakai Robot"
Posting Komentar