2 Turis Asing 'Ngemis' Didepan Umum Bikin Geram Warga Thailand



BEBEZHA - Dua turis asing membuat geram publik Thailand saat mengemis di depan umum. Turis backpacker ini meminta uang dari warga lokal untuk membiayai perjalanan mereka.

Seperti dilansir news.com.au, Kamis (30/8/2018), foto dua pria asing yang tidak diketahui identitasnya saat sedang mengemis itu dilaporkan oleh situs berita lokal Coconuts. Dalam foto itu, keduanya tampak duduk di atas jalanan di tengah pasar yang ramai di area Phuket.

Di dekat mereka terdapat dua potongan karton berisi pesan tulisan tangan yang isinya sama. Satu ditulis dalam bahasa Inggris dan satu lagi dalam bahasa Thai. 

"Nama saya Alex. Saya bepergian di Asia selama 15 bulan. Sayangnya, saya kehabisan uang tabungan, tapi saya tetap positif," demikian bunyi bagian awal pesan tersebut. "Saya ingin meminta kebaikan Anda untuk memenuhi mimpi saya bepergian. Tolong menyumbang untuk perjalanan saya. Terima kasih," imbuh pesan itu.

Foto turis asing bernama Alex dan seorang temannya itu diposting ke Facebook oleh seorang warga setempat bernama Palm J Sittichai. Dalam komentarnya, Sittichai mengaku bingung dengan pemandangan yang dia saksikan di Pasar Samkong, Phuket itu.

"Tungguh sebentar. Mereka melakukan ini sekarang? Farangs (warga asing-red) mengemis untuk uang perjalanan di Pasar Samkong. Apakah ini sungguh-sungguh?" tulis Sittichai dalam komentarnya.

Aksi dua turis asing itu mengemis tampaknya berhasil, karena kotak sumbangan yang mereka letakkan di jalanan terisi uang.

Setelah foto yang diposting Sittichai itu mencuat ke publik, seorang warga lokal Phuket lainnya, Naruemon Suthanan, mengklaim pernah melihat turis asing yang sama, sedang mengemis di sebuah pasar lainnya di Phuket beberapa minggu lalu.

"Saya terkejut awalnya. Tapi ketika saya membaca pesannya, itu membuat saya berpikir soal warga asing yang bersepeda atau berlayar ke seluruh dunia. Saya tidak memberinya uang. Tapi banyak warga Thai dan warga asing lainnya yang memberikan," ucap Suthanan.

Fenomena turis asing mengemis di negara orang untuk uang perjalanan atau yang disebut 'beg-packing' telah menjadi persoalan baru di beberapa negara, termasuk Thailand. Tahun lalu, otoritas Thailand mulai mengambil tindakan untuk memberantas aktivitas semacam itu.

Thaivisa, sebuah forum online untuk ekspatriat di Thailand, menyatakan bahwa para petugas imigrasi di beberapa titik pemeriksaan di perbatasan Thailand mulai menginterogasi warga asing yang masuk dengan visa turis, untuk memastikan mereka punya cukup uang.

(dt)

0 Response to "2 Turis Asing 'Ngemis' Didepan Umum Bikin Geram Warga Thailand"

Posting Komentar