Sumatera Barat, Dengan Tari Piring Harumkan Indonesia di Panggung Internasional- Lagi! Dan lagi! Paviliun Wonderful
Indonesia ditetapkan sebagai The Best Participant di International
Tourism Exchange and Tourism Fair, Equipment for Hotels & Catering
Metubes, Budva, Montenegro. Pameran yang digelar 21-23 April 2016 itu,
performance booth Indonesia sukses menyisihkan 101 eksibitor dari enam
negara.
“Wonderful Indonesia sukses meraih predikat sebagai peserta terbaik
karena dipandang sukses mempresentasikan potensi pariwisata dari
berbagai aspek. Destinasi wisata, kuliner dan budaya yang ditampilkan
dinilai luar biasa,” terang Asdep Pengembangan Pasar Timur Tengah,
Eropa, Amerika, dan Afrika Kementerian Pariwisata, Nia Niscaya, yang
didampingi I Gde Pitana, Deputi Pengembangan Pemasaran Mancanegara,
Sabtu (24/4/2016).
Di Montenegro, paviliun Indonesia tampil sangat atraktif. Paviliun
Indonesia dengan luas 63 meter persegi itu, mengedepankan wisata
maritim. Kopi khas Indonesia juga dibagikan secara gratis ke seluruh
pengunjung yang datang. Saat dirasa sudah nyaman, pengunjung pun
disuguhi pemutaran video Wonderful Indonesia dan tari piring dari
Sumatera Barat.
“Tim tarinya berasal dari KBRI Beograd. Penarinya direkrut dari
gadis-gadis Serbia. Saat tampil, mereka memperagakan tarian tersebut
lengkap dengan atraksi menginjak-injak pecahan piring. Ini membuat
pengunjung terkagum-kagum,” ulas Nia.
Dari paparan wanita berkerudung itu, paviliun Wonderful Indonesia
juga menyelenggarakan cocktail reception dengan mengundang kalangan
pelaku bisnis pariwisata dan media di Montenegro. Di sela-sela acara
cocktail reception, dilakukan presentasi mengenai potensi pariwisata
Indonesia oleh para tour operator dan presentasi Layanan Spa Indonesia.
Acara cocktail reception ditutup dengan undian door prize yang
berhadiah menginap dua malam di dua hotel bintang 5 dari Inna Hotel
Group.
“Para petugas sampai kewalahan melayani banyaknya pertanyaan
pengunjung mengenai paket-paket perjalanan ke Indonesia maupun dari agen
wisata yang berkeinginan menjalin kerjasama dengan mitra Indonesia,”
bebernya.
Sepanjang sejarah pameran, Indonesia adalah negara Asia pertama yang
menjadi partner country. Bagi Kemenpar, ini sangat menguntungkan
mengingat Montenegro adalah negara di kawasan Eropa Tengah yang sangat
maju di bidang pariwisata. Selama 2015, tercatat sebanyak 1,7 kunjungan
wisatawan ke Montenegro. Jumlah kunjungan tersebut hampir tiga kali
lipat jumlah penduduk Montenegro.
“Ini terealisasi berkat kolaborasi Kemenpar dengan KBRI Serbia dan
Montenegro, Inna Hotel Group, Indonesian Trade Promotion Center
Budapest, Jungle Travel dan Asvinia Travel. Mereka seperti mata dan
telinga kami di pasar,” ungkap Nia.
Menpar Arief Yahya menegaskan, kemenangan itu tidak datang tiba-tiba,
seperti meteor jatuh dari langit. Kemenangan itu direncanakan.
“Kemenangan demi kemenangan terus akan memperkaya dan menambah point
yang menguatkan brand Wonderful Indonesia di mana-mana. Itu juga yang
akan menjadi bahan perbincangan public di dunia. Paling tidak di
industry pariwisata di seluruh penjuru dunia. Orang akan semakin paham
dan penasaran dengan destinasi Indonesia,” kata Arief Yahya.
Nah, saat pamor sudah semakin menanjak dan tidak terbendung seperti
ini, harus diimbangi dengan own media yang kuat. Sehingga, ketika orang
ingin mencari lebih jauh, mereka akan menemukan website terlengkap yang
disediakan dari searching engine seperti Google dan Baidu. Mereka juga
bisa buka TripAdvisor, yang berisi testimoni tentang keindahan Indonesia
seperti yang dibicarakan orang. Ketika mereka sudah mau booking dan
payment, bisa melalui Booking.Com, Ctrip, AliTrip, dan e-commerce
lainnya. “Congratulation, tim Wonderful Indonesia di Montenegro,” ucap
Arief Yahya. *** (gsb)
Blog tutorial SEO dan Google Adsense Indonesia
BalasHapus